LCD Text Generator at TextSpace.net TINGALKAN KOMENTAR BERUPA KRITIK ATAU SARAN DEMI KESEMPURNAAN BLOG INI TERIMA KASIH WASALAM ........

Selasa, 21 Agustus 2012

KATA SAMBUTAN KETUA KKG " CERIA "


SAMBUTAN KETUA  KKG
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
YANG TERHORMAT ……

Rapat ke dua sejak terbentuknya pengurus baru KKG ceria yang di bentuk langsung oleh bapak kepala dinas cabang Botungmoito dan pada saat itu bapak/ibu pun menyepakati struktur kepengurusan KKG yang baru , untuk itu perkenankalah saya meyampaikan sambutan

Ucapan terima kasih saya selaku pengurus KKG Gugus 2 kecamatan Botumoito kepada kepala – kepala unit kerja yang telah menghadirkan stafnya dalam rapat KKG  ini . dan tak lupa ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada ketua gugus 2 yang senantiasa memberi dukungan kepada kami dalam setiap pelaksanaan rapat KKG , dan juga sebagai motivator pelaksanaan KKG sejak berdirinya KKG ini sampai dengan sekarang.
KKG didirikan dengan maksud memberikan pembinaan kepada para guru menjadi profesional.
Istilah profesionalisme guru tentu bukan sesuatu yang asing dalam dunia pendidikan. Secara sederhana, profesional berasal dari kata profesi yang berarti jabatan. Orang yang profesional adalah orang yang mampu melaksanakan tugas jabatannya secara mumpuni, baik secara konseptual maupun aplikatif. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kemampuan mumpuni dalam melaksanakan tugas jabatan guru.
Guru sebagai pionir berhasilnya pendidikan, melihat perkembangan zaman yang serba cepat perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga dia mampu mensejajarkan pengetahuannnya dengan tuntutan zaman. Dengan pengetahuan yang tetap up to date tersebut guru tetap dapat memberikan informasi-informasi mutakhir ketika berlangsung proses belajar mengajar terhadap murid-muridnya.
Bapak / ibu yang saya hormati , mari kita menoleh sejenak :
VISI KKG
Terwujudnya kompetensi guru yang bermutu, memiliki kemampuan (ability) dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.
MISI KKG
1.      Meningkatkan kompetensi profesional guru yang memiliki pengetahuan yang luas dari bidang studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode di dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.
2.      Meningkatkan kompetensi kemasyarakatan guru yang mampu berkomunikasi, baik dengan siswa, sesama guru, maupun masyarakat luas.
3.      Meningkatkan kompetensi personal guru yang memiliki kepribadian yang mantap dan patut diteladani.

TUJUAN
1)      Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai kompetensi khususnya kompetensi Profesi, Akademik, Sosial dan Personal melalui kegiatan pengembangan profesionalisme guru di tingkat KKG.
2)      Memberi kesempatan seluas luasnya kepada anggota untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
3)      Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas tugas pembelajaran di sekolah.
4)      Membantu guru memecahkan/mendiskusikan permasalahan yang diperoleh guru dilapangan pada saat melaksanakan tugas sehari-hari.
5)      Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
6)      Mengembangkan kultur kelas yang kondusif sebagai tempat proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan siswa.
Sebagaimana Undang-undang  RI  Nomor 14  tahun 2005  tentang  Guru  dan  Dosen, mempersyaratkan  guru  untuk: 
(1)   memiliki  kualifikasi  akademik  minimumS1/D4;
(2)   memiliki  kompetensi sebagai  agen  pembelajaran  yaitu kompetensi  pedagogik, 
        kepribadian,  sosial,     dan     profesional;  dan   
(3)    memiliki     sertifikat  pendidik.    
Dengan  berlakunya  Undang-undang  ini diharapkan  memberikan  suatu  kesempatan  yang  tepat  bagi  guru    untuk meningkatkan  profesionalismenya   melalui  pelatihan,  penulisan  karya ilmiah,    pertemuan  di  Kelompok  Kerja  Guru     (KKG),  dan  Dengan  demikian  KKG  memiliki   peran   penting   dalam   mendukung   pengembangan profesional guru.
Untuk   mewujudkan   peran   KKG   dalam   pengembangan profesionalisme guru, maka peningkatan kinerja kelompok kerja guru (KKG) merupakan masalah yang mendesak untuk dapat direalisasikan.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan  kinerja  KKG ,  antara  lain  melalui  berbagai pelatihan instruktur dan guru inti, peningkatan sarana dan prasarana, dan peningkatan  mutu  manajemen  KKG.  Namun  demikian,  berbagai indikator   mutu   pendidikan   belum   menunjukkan   peningkatan   kinerja KKG yang  berarti.
Di beberapa  daerah menunjukkan peningkatan kinerja KKG yang cukup menggembirakan, namun sebagian besar lainnya masih memprihatinkan. Berdasarkan  masalah  ini,  maka  diperlukan  analisis  yang  mendalam mengenai rendahnya kinerja KKG. Dari berbagai pengamatan dan analsis, sedikitnya ada empat faktor yang menyebabkan kinerja KKG tidak mengalami   peningkatan secara merata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasih atas kunjungan anda